admin Abu Arsy al-Indunisy

Pekerjaan Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan Uang

7 min read

DIARYISLAM.COM – Hai Semuanya, bagaimana kabar kalian hari ini? Kali ini saya akan berbagi cerita menarik terkait pekerjaan ibu rumah tangga yang menghasikan uang. Berikut ilustrasi pekerjaan ibu rumah tangga beserta jenis-jenis pekerjaan ibu rumah tangga saat terjadinya wabah pendemi Covid-19?

Silahkan anda simak pengalaman pribadi saya maupun kebiasaan pada umumnya, yang sering dilakukan para ibu saat melakukan pekerjaan rumah tangga.

Pernahkah Anda melihat sebuah Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang didalamnya tertera pekerjaan ibu rumah tangga? Jika pernah, tentu pekerjaan tersebut bukanlah pekerjaan biasa.

ilustrasi pekerjaan ibu rumah tangga
ilustrasi pekerjaan ibu rumah tangga

Pengertian Pekerjan Ibu Rumah Tangga

Pengertian pekerjaan ibu rumah tangga menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah seorang ibu yang mengurus keluarga namun tidak bekerja, fungsinya di identikan dengan menghabiskan sebagian waktu untuk menjalankan tanggung jawab urusan rumah tangga.

Selain itu ibu rumah tangga juga mengurus tugas-tugas rutin lainnya, terutama dalam hal urusan rumah tangga yang menguras tenaga dan kesabaran seorang ibu saat di rumah.

Diantaranya mendidik anak dan menjaga harta suaminya disaat tidak berada di rumah, serta memberikan rasa aman dan nyaman dengan penuh kasih sayang kepada anak-anaknya.

Oleh sebab itu peran ibu rumah tangga sangatlah penting bagi keberlangsungan berumah tangga.

Ilustrasi pekerjaan ibu rumah tangga dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Mendidik : Seorang ibu mempunyai peran yang sangat penting dalam hal mendidik anaknya di rumah, sebagai seorang istri tentu saja diharapkan mampu memberikan motivasi kepada suami khususnya dan kepada anak-anak pada umumnya.
  2. Memelihara : Selain mendidik seorang ibu juga diharapkan mampu memelihara anak-anaknya dengan baik, menjaga harta benda yang ditinggalkan saat suami sedang bekerja, dan memelihara harkat martabat keluarga, serta menjaga kerahasiaan keluarga.
  3. Mengasuh : Bukan hanya mendidik dan memelihara saja, tanpa sentuhan tangan lembut dari seorang ibu yang mengasuh dan menyayangi anak-anaknya maka kita tidak akan menjadi manusia yang berpendidikan.
  4. Mengayomi : Ibu bukan saja menjadi tempat bernaung yang aman dan nyaman, melainkan harus dihormati agar dijadikan contoh bagi anak-anaknya.
penyebab stres pada ibu rumah tangga
penyebab stres pada ibu rumah tangga

Apa Penyebab Stres Pada Ibu Rumah Tangga?

Umumnya penyebab stres pada ibu rumah tangga adalah situasional yang berasal dari lingkungan eksternal yang mencakup beragam stres, bisa dari suara bising, suhu tinggi untuk bekerja, dan banyaknya pekerjaan rumah tangga.

Namun ada juga sumber stres internal yaitu tekanan emosional, krisis eksistensial, pribadi yang cacat, dan kelemahan. Tentunya hal ini akan berdampak pada fisiologis, emosional, kognitif, interpersonal, organisasional. Apakah itu?

  1. Fisiologis adalah berupa keluhan rasa sakit kepala, sembelit, tekanan darah tinggi, kelelahan, sakit perut, maag, berkurangnya nafsu makan, susah tidur, dan kehilangan semangat.
  2. Emosional adalah berupa rasa cemas, gelisah, mudah marah, gugup, takut, mudah tersinggung, sedih dan depresi.
  3. Kognitif adalah berupa sulit berkonsentrasi, sulit membuat keputusan, mudah lupa, melamun secara berlebihan, dan berpikiran kacau.
  4. Interpersonal adalah berupa sikap cuek atau acuh tidak acuh pada lingkungan, apatis, agresif, minder, kehilangan kepercayaan pada orang lain, dan mudah menyalahkan orang lain.
  5. Organisasional adalah berupa meningkatnya keabsenan dalam kerja, menurunnya produktivitas, ketegangan dengan rekan kerja, ketidak puasan kerja, dan menurunnya dorongan untuk berprestasi.

Biasanya orang yang sedang stres akan lebih sensitif dibandingkan orang yang tidak dalam kondisi stres.

Pekerjaan Ibu Rumah Tangga Menurut Islam

Menurut islam, peran seorang ibu rumah tangga bukanlah suatu pekerjaan yang rendahan atau tidak berarti.

Dalam urusan mengelola rumah tangga, pekerjaan ibu rumah tangga dapat bernilai suatu pahala besar yang berdampak pada keharmonisan rumah tangga tersebut yang meliputi memiliki anak yang baik dan bermoral. Serta mendapatkan berkah kepada keluarga yang Sakinah, Mawadah, dan Warahmah.

Terlebih lagi keluarga tersebut menjadi keluarga yang dapat memberikan panutan atau inspirasi bagi keluarga lainnya dan masyarakat sekitar. Konteks dalam islam seorang wanita diharapkan dapat menjadi ibu rumah tangga yang baik, yang tidak melupakan dan mengesampingkan agama yang berlandaskan rukun islam dan rukun iman sebagai seorang muslim.

Peran dan Fungsi Ibu Rumah Tangga

Melihat perannya serta fungsinya yang sangat penting, maka pekerjaan ibu rumah tangga ini adalah pekerjaan yang mulia serta membawakan kebaikan di dalam rumah tangga itu sendiri. Sering kali banyak pekerjaan ibu rumah tangga yang tidak seimbang dalam mengatur waktu saat menjalankan tugasnya. Akibatnya, berdampak besar bagi keutuhan rumah tangga.

Misalnya saja, wanita yang memilih berkarir dan melalaikan tugasnya dalam mengurus rumah tangga.

Jika tidak dapat menyeimbangkan antara berkarir dan urusan pekerjaan ibu rumah tangga, maka dapat berdampak pada pendidikan, kasih sayang, dan perhatian terhadap suami serta anak-anaknya, imbasnya pada keutuhan rumah tangga. Hal-hal sepele di dalam urusan rumah tangga tentu dapat memberikan efek yang baik bagi hubungan suami istri dan keutuhan dalam rumah tangga.

Contohnya masakan istri untuk suami, rumah yang nyaman dan bersih, serta kebersamaan dengan anggota keluarga, dsb.

Untuk itu pekerjaan ibu rumah tangga hakikatnya bukan sekedar peran remeh temeh, melainkan memiliki fungsi besar dan berdampak pada terciptanya keluarga yang Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah.

Wanita karir atau yang bekerja dalam pandangan islam hukumnya adalah sesuatu yang diperbolehkan, asalkan tidak bertentangan dengan kedudukan dan peran wanita dalam islam. Umumnya perselingkuhan dan konflik dalam keluarga itu terjadi, karena rumah tangga tersebut dijalankan dengan kurang teroganisir.

Bahkan seorang istri yang berperan sebagai ibu rumah tangga pun, harus mewaspadai dan menjaga agar hal ini tidak terjadi. Untuk itu sesibuk apapun, kewajiban utama wanita dalam hal urusan rumah tangga tetap harus dijalankan dan dilakasanakan sebagaimana mestinya.

Tentu bekerja sama dengan suami untuk melakukan pembagian tugas pekerjaan istri vs suami yang disepakati bersama dengan kedua belah pihak.

pekerjaan irt menurut islam

Menjadi Ibu Rumah Tangga di Masa Pandemi

Saat awal merebaknya wabah pendemi Covid-19, seorang ibu yang berkarier sekaligus memiliki pekerjaan rumah tangga. Tentunya pada situasi semacam ini akan memiliki peranan ganda.

Selain memiliki rutinitas tugas pokok sebagai seorang ibu yang memiliki tanggung jawab dalam urusan rumah tangga yang sekaligus sebagai wanita karier, akan diuji ketahanannya dalam menghadapi wabah pandemi global yang sedang merebak di tengah-tengah masyarakat saat ini.

Terkadang antara kenyataan dan harapan jauh berbeda sesuai dengan apa yang dijalani, namun saya bersyukur memiliki suami yang sangat pengertian untuk ikut membantu dalam hal urusan pekerjaan rumah tangga.

Entah apa jadinya nasib seorang istri jika tanpa dibantu oleh suami, sudah pasti akan banyak pekerjaan ibu rumah tangga yang terbengkalai tentunya memiliki pengalaman dan cerita yang berbeda mungkin jauh lebih menarik untuk diceritakan.

Makanya, dalam kondisi yang semacam ini bagi saya sedikit terasa menggemaskan…

Bagaimana jadinya jika penerapan Lockdown ini benar-benar terjadi, apa yang harus dikerjakan? Dan mau ngapain kita di rumah jika tidak terbiasa mengurus rumah tangga?

Bagi seorang ibu rumah tangga, justru kondisi seperti ini membuat pekerjaan ibu rumah tangga menjadi semakin menumpuk dan multitaskingnya ditantang.

Tentu saja, tidak ada waktu buat berfikir untuk istirahat.

Yah, Bagaimana tidak!! Sejak dari bangun tidur sampai menjelang tidur lagi di malam hari, selalu ada saja pekerjaan yang menanti untuk diselesaikan dan dipikirkan.

Hmm, kira-kira besok masak apa ya? Mau belanja apa ya? Belum lagi keadaan cucian, bagaimana ya? Dan blaa…blaa…blaa… (Masya allah).

Namun di balik semua itu, Subhanallah...

Ternyata banyak hikmah dan pelajaran berharga yang dapat ambil dari seorang ibu rumah tangga, yang memiliki kesabaran sekaligus sebagai wanita karir yang bersamaan dengan berlangsungnya wabah pandemik Covid-19 yang terjadi saat ini.

Berdasar pengalaman pribadi setelah banyak melakukan evaluasi diri, munculah suatu kesimpulan.

Antara lain : 

    • Waktu (time) bersama keluarga.
    • Dapat mengurusi anak-anak dengan sepenuhnya.
    • Belajar menyiapkan masakan untuk anak-anak dan keluarga.
    • Mendampingi waktu sholat dan mengaji.
    • Banyak waktu untuk bermain, bercanda dan nonton bersama-sama keluarga meski harus uyel-uyelan di kamar tidur yang sempit dan kecil. Hahahaaa… Tidak masalah… karena Ada Kebahagiaan Disana.
gambar ilustrasi ungkapan hati ibu rumah tangga
gambar ilustrasi ungkapan hati ibu rumah tangga

Jenis-jenis Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Pekerjaan ibu rumah tangga yang harus dilakukan sangatlah bervariasi dan banyak sekali.

Sebelum kita membahas tentang jenis-jenis pekerjaan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang, berikut beberapa fakta pekerjaan ibu rumah tangga yang jarang diketahui oleh kebanyakan suami pada umumnya, Antara lain :

1. Rutinitas Sehari-hari

Bagi suami yang selalu pergi bekerja di pagi hari dan pulang di sore hari, suami tersebut menemukan rumah rapi dan anak-anak terlihat bersih serta wangi. Dia akan berpikir mungkin kalau pekerjaan istrinya di rumah sangatlah mudah, karena anak-anak sangat manis dan mudah diatur. Faktanya yang harus diketahui para suami, sebenarnya pekerjaan mereka tidak semudah itu.

Menyuapi, menyusui, menenangkan bayi yang rewel, mengganti popok, memandikan, sampai-sampai ibu hampir tidak punya waktu untuk melakukan pekerjaan rumah lain seperti mencuci, memasak, dan membereskan rumah yang berantakan disebabkan oleh anak-anak.

jika ada suami yang pernah merasakan menjadi bapak rumah tangga walau sehari, pasti akan mengerti tentang hal ini.

2. Tidak Ada Waktu Luang Untuk Bersantai

Seorang ibu bisa membaca buku sambil mengawasi anak-anaknya bermain sendiri tanpa rewel saja itu tidak pernah terjadi, yang ada adalah anak yang bermain kotor-kotoran, ibu yang selalu khawatir, dan bayi yang merengek meminta diperhatian.

Itulah fakta kesehariannya yang terjadi tidak pernah sepi, meski anak bisa tenang dan si bayi tidur selama beberapa jam, bunda pasti akan segera mengurus pekerjaan rumah lainnya, seperti membereskan rumah atau memasak untuk suami.

3. Tidak Ada Waktu Untuk Memanjakan Diri Sendiri

Mengecat kuku tanpa diganggu? Atau ingin berendam di bak mandi tanpa ada yang mengganggu? Semua itu adalah kenikmatan yang sulit dicapai oleh ibu rumah tangga.

Jadi para ayah harus tahu, bahwa seorang ibu tidak pernah berhenti kerja, walau tanpa hasil yang memuaskan.
Dia selalu bekerja keras membereskan rumah, cuma hanya untuk dibuat berantakan lagi oleh si kecil.

Fakta yang satu ini harus dimengerti oleh suami, agar tidak mudah menghakimi seorang istri jika saat ia pulang menjumpai rumah masih dalam keadaan berantakan dan kotor dimana.

"<yoastmark

4. Kurangnya Rasa Percaya Diri

Setelah memiliki anak, tubuh seorang ibu tidak akan sama seperti sebelum dia hamil dan melahirkan. Hal inilah yang biasanya membuat rasa kepercayaan dirinya menurun. Apalagi seorang ibu tidak memiliki waktu untuk melakukan olahraga maupun perawatan tubuh, karena terlalu sibuk mengurus anak.

Jika suami mengira seorang ibu bisa bebas melakukan olahraga di rumah, tentu suami salah besar.
Faktanya sepanjang hari, waktu ibu telah habis tersita dengan urusan rumah tangga.

Kalau pun masih memiliki waktu luang pasti tidak akan fokus melakukan sesuatu, karena sang anak akan terus mengikutinya ke manapun ia pergi.

5. Cinta Tanpa Pamrih

Fakta ibu rumah tangga yang terakhir ini seharusnya bisa dimengerti oleh para suami, karena hal ini sudah terbukti dari semua dedikasi dan pengorbanan yang dilakukan seorang ibu untuk menjadi ibu rumah tangga yang baik.

Cinta tanpa pamrih adalah kekuatan seorang ibu untuk bertahan menghadapi hari-hari yang melelahkan. Berurusan dengan anak yang rewel atau bayi yang menangis tanpa henti, sangatlah merepotkan jika ia jalani tanpa ada cinta yang kuat di dalam hati.

Sebenarnya masih banyak Fakta-fakta lainnya selain 5 hal di atas tersebut, namun fakta diatas sudah cukup membukakan mata betapa sangat penting dan berharganya peran seorang ibu yang rela mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Selain tugas utama mengurus pekerjaan rumah, ibu rumah tangga juga berperan bisa membantu perekonomian keluarga, Lho?

Yaitu dengan cara memiliki usaha atau kerja sampingan, sambil mengurus semua kewajiban dan tanggung jawab utama. Yaitu memiliki pekerjaan ibu rumah tangga terhadap keluarganya.

Dengan catatan harus ijin terlebih dahulu terhadap suaminya dengan tujuan ibadah.

Adapun usaha atau kerja sampingan ibu rumah tangga tersebut ialah usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal yang dapat di jalankan dirumah, dengan tetap melakukan kewajibanya.

Contohnya usaha kecil-kecilan dirumah antara lain :

      • Usaha Sosis Goreng Rumahan

      • Warung Sayur Rumahan

      • Usaha Online di Rumah

      • Bisnis Online Perabot Rumah Tangga

      • Bisnis Usaha Angkringan atau Warkop (Warung Kopi)

      • Membuka jasa Tukang Cukur atau Potong Rambut di Rumah

      • Bisnis Usaha Laundry

      • Bisnis Jasa Cucian Motor atau Mobil

      • Membuka Jasa Service Elektronik di Rumah

      • Membuka Usaha Nasi Kotak atau Katering

Dan masih banyak lagi lainnya…

Atau anda dapat mencarinya di mesin telusur google dengan, Mengetikkan :

Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga 2018, Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga 2019, Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga 2020, Lowongan kerja Untuk Ibu Hamil 2018, Lowongan kerja Untuk Ibu Hamil 2019, Lowongan kerja Untuk Ibu Hamil 2020, Kerja Sambilan Saat Hamil, Peluang Usaha Kerajinan Tanggan Ibu Rumah Tangga, Usaha Untuk Ibu PKK, Usaha Ibu Rumah Tangga Pekerjaan IRT atau Lowongan Pekerjaan Untuk Ibu Rumah Tangga.

Sekian sedikit ulasan serta kata-kata ibu rumah tangga yang dapat anda petik inti sarinya!!!

Pesan dan doa saya untuk semua keluarga diluar sana, jagalah keharmonisan serta kebersamaan di dalam keluarga anda…

doa dan harapan bagi para ibu rumah tangga

Sabar dan banyak-banyak introspeksi diri dengan meningkatkan kegiatan ibadah bersama keluarga, In’Sya Allah semua cobaan dimasa yang sulit ini akan segera berlalu dan membawa kebaikan untuk alam semesta.

Semoga para ibu-ibu setelah membaca catatan saya ini dan masih tetap berkeinginan mencari peluang usaha sampingan, teman-teman bisa mecoba salah satu saran usaha sampingan yang ada diatas.

Dan semoga semua keinginannya terpenuhi, serta dimudahkan urusannya, dan diberikan Risky yang Berkah dan Bermanfaat. Aamin, Amin…yaa Robbal Alamin.

admin Abu Arsy al-Indunisy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!