admin Abu Arsy al-Indunisy

Materi Ekonomi Syariah Lengkap Terbaru

3 min read

Materi Ekonomi Syariah Lengkap Terbaru

Dalam kehidupan ini kita tentu sudah sering mendengar tentang istilah ekonomi syariah. Bagi sebagian orang istilah ini memang sudah sangat biasa. Akan tetapi masih banyak juga yang belum mengetahui apa arti dari ekonomi syariah tersebut. Sebagai Muslim penting untuk mengetahui pengertian dari ekonomi syariah karena hal ini menyangkut tentang aspek penting dalam kehidupan. Dengan membaca materi ekonomi syariah lengkap maka kita akan lebih mudah untuk memahami hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi syariah.

Prinsip Ekonomi Syariah

Hal pertama yang harus diketahui dari ekonomi syariah adalah tentang prinsip-prinsipnya. Ekonomi syariah merujuk pada pemenuhan kebutuhan hidup baik itu berkaitan dengan kebutuhan materi maupun yang tidak bersifat materi.

Prinsip ekonomi dalam Islam ini adalah setiap manusia perlu untuk memenuhi setiap kebutuhan serta mengolah sumber daya dengan cara yang baik dan halal.

Apabila prinsip ekonomi syariah dipegang dan diterapkan secara sungguh-sungguh maka pemenuhan kebutuhan ekonomi akan berada pada jalur yang tepat dan terhindar dari kerugian sepihak atau bahkan saling merugikan.

Terdapat beberapa poin penting teori prinsip ekonomi syariah yang perlu kita tahu di antaranya:

  1. Sumber daya alam di dunia ini merupakan ciptaan Allah jadi setiap manusia harus memanfaatkannya sebaik mungkin dan menghindari berbuat kerusakan.
  2. Setiap pendapatan seseorang yang tidak jelas hukumnya tidak akan diakui dalam Islam. Apalagi pendapatan pribadi tersebut berkaitan dengan orang banyak.
  3. Dalam Islam bekerja adalah hal penting untuk mendapatkan rezeki. Namun dalam bekerja terdapat aturan-aturan yang jelas agar manusia tidak melampaui batas.
  4. Dalam Islam orang yang memiliki kekayaan berlimpah diharamkan jika hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi. Namun sebaiknya digunakan untuk tujuan yang positif yang terutama untuk membantu orang yang kurang mampu.
  5. Di dalam Islam semua orang memiliki hak yang sama sehingga tidak ada pembatasan bagi golongan tertentu dalam memenuhi kebutuhan hidup.
  6. Untuk menerapkan prinsip ekonomi syariah yang kuat tentu muslim harus memiliki hati yang baik serta taat kepada Allah.
  7. Harta yang dimiliki oleh setiap muslimah wajib untuk dibersihkan dengan melakukan zakat.
  8. Di dalam materi ekonomi syariah lengkap setiap muslim dilarang untuk melakukan kegiatan ekonomi di dalamnya terdapat riba, gharar, dzulum, dan lain sebagainya.
  9. Dalam transaksi ekonomi syariah sebaiknya jangan ada unsur paksaan.
Dasar Hukum Ekonomi Syariah
Dasar Hukum Ekonomi Syariah

Memahami Ciri-ciri Ekonomi Syariah

Dalam materi ekonomi syariah lengkap terdapat pembahasan tentang ciri-ciri ekonomi syariah.

Dengan mengetahui ciri-cirinya maka kita akan semakin mengetahui dalam membedakan mana yang merupakan ekonomi syariah dan mana yang merupakan ekonomi konvensional. Sangat jelas perbedaan antara kedua jenis ekonomi tersebut karena ekonomi syariah erat kaitanya dengan sistem Islam.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang wajib untuk kita ketahui:

  • Ekonomi syariah memiliki ciri kegiatan yang lebih merujuk kepada pengabdian. Jadi muslim yang menerapkan ekonomi syariah dalam kegiatan ekonomi memiliki tujuan untuk mengharapkan ridho Allah dan bukan semata-mata untuk mencari materi. Jadi niat utama dari ekonomi syariah adalah mencari pahala dan rejeki.
  • Ciri yang kedua yakni terdapat cita-cita yang luhur dalam kegiatan ekonomi. Dalam Islam memang setiap perbuatan perlu memiliki niat dan cita-cita yang luhur. Setiap muslim dalam menerapkan ekonomi syariah hendaknya berusaha untuk menciptakan kemakmuran dan saling berbagi terhadap sesama.
  • Ekonomi syariah mendapat pengawasan yang ketat dan jelas. Ekonomi yang berlandaskan dalam sistem Islam ini memang memiliki ciri mendapatkan pengawasan yang sangat ketat baik itu dari pihak berwenang, diri sendiri, dan bahkan juga kita harus selalu sadar bahwa pengawasan utama adalah dari Allah subhanahu wa ta’ala.
  • Dalam ekonomi berbasis sistem Islam, keseimbangan haruslah tercipta demi kepentingan masyarakat. Ciri utama dari ekonomi syariah memang selalu mengutamakan kesejahteraan dan kemakmuran bersama bukan hanya kepada mereka yang memiliki modal saja.

Memahami Tujuan Ekonomi Syariah

Dalam materi ekonomi syariah lengkap terdapat juga pembahasan tentang tujuan dari ekonomi syariah. Berbeda dengan ekonomi konvensional, ekonomi syariah yang berbasis dengan syariat Islam memiliki tujuan yang lebih besar dibandingkan tujuan yang bersifat materi.

    • Ibadah kepada Allah adalah tujuan utama. Jadi dalam penerapan ekonomi syariah bukanlah materi yang menjadi tujuan utama. Setiap muslim harus benar-benar paham akan tujuan dari kegiatan ekonomi.mendapatkan ridho dari Allah serta meniatkan segala kegiatan untuk beribadah adalah kunci dari kesuksesan ekonomi syariah.
    • Tujuan ekonomi syariah adalah untuk kehidupan dunia dan akhirat. Jika kita melihat ekonomi konvensional saat ini, jika kita melihat ekonomi konvensional saat ini, kebanyakan pelakunya hanya berkegiatan ekonomi demi untuk mendapatkan keuntungan materi.berbeda dengan para pelaku ekonomi syariah yang berusaha untuk menjadikan kegiatan ekonomi sebagai sarana untuk mencapai kehidupan dunia dan akhirat yang.

Untuk mencapai kesuksesan berlandaskan perintah Allah juga menjadi tujuan dari ekonomi syariah. Dengan memahami materi ekonomi syariah lengkap, maka kita juga akan semakin tahu bahwa kunci kesuksesan bukanlah dari banyaknya harta. Namun ketika seseorang mampu meraih kesuksesan berlandaskan dengan apa yang Allah perintahkan.

Menciptakan perdamaian dan menghindari kerusuhan menjadi tujuan lain dari ekonomi syariah. Ketika sebuah negara menganut ekonomi konvensional atau kapitalisme maka akan menyebabkan kehancuran serta kerusuhan. Hal ini karena yang menjadi tujuan adalah keuntungan pribadi atau kelompok sehingga tidak terdapat misi yang luhur seperti mensejahterakan rakyat.

Memahami materi ekonomi syariah lengkap sangatlah bermanfaat bagi kehidupan manusia, apalagi jika diterapkan dengan sebaik mungkin. Sebuah negara apabila mampu menerapkan ekonomi syariah maka akan tercipta kehidupan masyarakat yang makmur dan sejahtera. Bahkan sudah terbukti jika suatu negara tidak memiliki misi dalam mensejahterakan rakyat dan hanya mencari keuntungan materi semata, maka yang terjadi akan semakin banyak kerusuhan.

Materi Ekonomi Syariah Lengkap Terbaru
Tujuan Ekonomi Syariah

Dasar Hukum Ekonomi Syariah

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap cabang ilmu memiliki dasar hukum yang jelas.

Hal ini akan membantu agar ilmu tersebut selalu berada pada jalur yang benar.

Selain itu dasar hukum juga memberikan jaminan, agar benar-benar mampu memberikan manfaat yang positif bagi setiap yang menerapkan ilmu tersebut.

Dasar hukum yang digunakan dalam materi ekonomi syariah lengkap antara lain:

      • Alquran
      • Hadits
      • Ijma’
      • Ijtihad dan qiyas

Dasar hukum yang melandasi ekonomi syariah tentu saja yang paling utama adalah Alquran dan hadist. Selain itu ijma’ ulama juga menjadi dasar yang penting dalam merumuskan ilmu yang berkaitan dengan ekonomi syariah, untuk melengkapinya dasar hukum yang berupa ijtihad dan qiyas juga termasuk di dalamnya.

Karena terkadang di dalam ilmu ekonomi terutama di zaman modern seperti sekarang ini ada hal-hal yang perlu didiskusikan untuk merumuskan hukumnya. Namun semuanya tetap dilandaskan pada Alquran dan hadis.

Dengan memahami materi ekonomi syariah lengkap dengan seksama maka kita akan terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh agama. Semoga informasi ini mampu menambah wawasan kita semua dan menjadikan kita semakin taat kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

admin Abu Arsy al-Indunisy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!